Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh santri SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen Kegiatan Kewirausahaan : Ubah Sampah Jadi Berfaedah



Salah satu permasalahan manusia modern adalah banyaknya limbah plastik yang mereka hasilkan. Permasalahan sampah plastik sisa kegiatan manusia merupakan permasalahan global. Think Global Act Local, begitulah kira-kira yang dilakukan oleh santri kelas 5 SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen yang di bimbing oleh Ifah Wardani selaku guru mata pelajaran SBdP, Selasa (14/02/2023).

Ifah mengaku bangga dengan pencapaian santri SD Birrul yang berhasil berkreasi memanfaatkan sampah dijadikan barang yang berguna yakni tempat pensil.

 

Sebelumnya santri kelas 5 telah mendapatkan materi mengenai daur ulang dan contoh-contoh pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga telah memberikan tutorial secara langsung mengenai Langkah-langkah daur ulang dan bahan apa saja yang diperlukan.

 

“Saat ini sampah masih menjadi salah satu masalah besar di hidup kita. Ini adalah momen yang tepat untuk mengajarkan anak pentingnya mengelola sampah dengan tepat. Saya merasa senang dan tidak menyangka ternyata anak-anak bisa dengan mudah memahami contoh yang saya berikan dan mempraktikannya dengan maksimal,” ungkap Ifah.


Dengan terampil, para santri memanfaatkan plastik pembungkus makanan ringan menjadi barang yang berharga dan bermanfaat. Sejalan dengan circular school dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dibimbing guru mereka melakukan kegiatan kewirausahaan, dimana selain mengurangi timbunan sampah, mereka juga mampu melihat potensi ekonomi di tingkat lokal. Disamping itu mereka juga telah melakukan gerakan gaya hidup berkelanjutan.







Komentar