Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global : English Camp Santri SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen di Kampung Inggris


        Berkebinekaan Global berati bahwa pelajar Indonesia dapat mempertahankan budaya luhur, identitas, dan lokalitas serta dapat berpikiran terbuka dalam berinteraksi dan menerima budaya lain. Berlandaskan dimensi tersebut  SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen mengadakan program English Camp yang dilaksanakan di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur selama 11-18 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 226 santri jenjang kelas 5 dan 13 pendamping yakni dari beberapa asatidzah SD Birrul.
            Selain untuk meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, dan rasa percaya diri santri. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan tujuan agar santri memiliki wawasan dan pengalaman yang luas serta meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa inggris. Yang mana kita ketahui bahwa di Era modern ini bahasa inggris menjadi bahasa Internasional yang penggunaannya sudah sangat lazim di dunia khususnya di Indonesia tercinta ini.












            Pada kegiatan ini SD Birrul bekerjasama dengan salah satu lembaga belajar terbaik di Pare yakni Kampung Inggris World English atau lebih populer dengan sebutan Kampung Inggris WE yang beralamat di Jl. sakura nomer 4, Mangunrejo, Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Selama satu pekan seluruh santri yang dibimbing oleh tutor dari Kampung Inggris WE mempelajari tentang pengetahuan dasar dalam berbahasa inggris yakni grammar, vocabulary, speaking, listening, reading dan writing. Kegiatan berjalan dengan sangat lancar dan menyenangkan. Santri tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar bahasa inggris saja, namun juga diselingi agenda lain seperti outbond di Candi Tegowangi Kediri, praktek berbicara bahasa inggris dengan pedagang di area kampung inggris, jalan sehat mengenal lingkungan Pare, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Di akhir sesi kegiatan tersebut, santri menunjukan bakat dan kemampuan berbahasa inggris mereka di acara Farewell show yang di adakan di aula kantor lembaga Kampung Inggris WE. Beberapa bakat yang mereka tampilkan diantaranya :

1. Tilawah oleh ananda Rifky kelas 5A dan diterjemahkan kedalam bahasa inggris oleh ananda Athar kelas 5B juga diartikan maknanya kedalam bahasa Indonesia oleh ananda Althaf Baladraf kelas 5A.
2. Story Telling oleh ananda Kim Bariq Ahza Muhtar kelas 5B.
3. Sing and traditional dance oleh beberapa perwakilan santri putri kelas 5E, 5F dan 5G.
4. Poem Reading oleh ananda Banyu kelas 5B, Larassnisa Wandan, ananda Ayuk, ananda Zarifa dan ananda Civiq kelas 5E serta ananda Aleesya kelas 5E.
5. Sajojo Traditional Dancing oleh beberapa perwakilan santri putra kelas 5A, 5B, 5C, 5D, dan 5H.



"Pengalaman yang tidak akan terlupakan, satu minggu jauh dari papa mama dan bisa fokus belajar bahasa inggris bersama teman-teman, ustadz-ustadzah juga kakak tutor dari Kampung Inggris WE." ujar Kim Bariq Ahza Muhtar salah satu peserta English Camp di Pare, Senin (23/1/2023). Demi memberi kesan dan pengalaman terbaik bagi siswa. SD Birrul melaksanakan program English Camp selama kurang lebih satu pekan dilanjut dengan kegiatan Study Tour di Eco green park dan Jatim Park 2 Malang, Jawa Timur. 



                                 

Komentar