Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) : kegiatan berkuda dan memanah oleh santri kelas 4 SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen




Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. P5 sendiri terdiri dari beberapa tema yang telah ditetapkan oleh Kemendibudristek. Salah satunya adalah Gaya Hidup Berkelanjutan. Tema ini merupakan bentuk upaya dalam membangun kesadaran untuk menjaga pola hidup yang baik. Pola hidup tersebut melibatkan lingkungan beserta aksi nyata dalam keseharian. 

Salah satu upaya untuk menjaga pola hidup yang baik yaitu dengan berolahraga, contohnya berkuda dan memanah. Santri kelas 4 SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen melaksanakan olahraga ini pada 30 Januari 2023 hingga 2 Februari 2023 di Tawangmangu. 

Olahraga ini merupakan olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Dalam sejarah agama Islam, berkuda dan memanah merupakan keahlian yang digunakan untuk berjuang di jalan Allah. Hal ini disebutkan dalam hadits Rasul seperti berikut:

"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah." (HR. Bukhari, Muslim).

"Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)." (HR. Muslim)




Selain itu olahraga berkuda dan memanah juga memberikan manfaat pada saat proses kembang tumbuhnya terutama di Fase B  seperti: melatih fokus, melatih kontrol keseimbangan, mengajarkan santri untuk mengontrol emosi, meningkatkan kedisiplinan, rasa sabar dan tanggung jawab. Diharapkan melalui kegiatan ini salah satu Profil Pelajar Pancasila yaitu Kemandirian akan terbentuk dengan baik. 

#sekolahpenggerak #kurikulummerdeka #merdekamengajar #profilpelajarpancasila #P5 #quraniccharacterschool

Komentar