OLIMPIADE SAINS KUARK DI SD BIRRUL


Kompetisi yang dibuka untuk umum ini telah berlangsung dari tahun 2007 dan diselenggarakan secara berkala setiap tahun. Dengan 3 kategori tingkatan, yaitu Level I (kelas 1-2 SD), Level II (kelas 3-4 SD), Level III (kelas 5-6 SD), OSK diselenggarakan dengan 3 tahapan kompetisi, yaitu tahap penyisihan, semifinal, dan final. Penyelenggaraan babak penyisihan dan semifinal dilaksanakan di daerah-daerah yang sudah ditetapkan, dengan waktu yang serentak di seluruh Indonesia, sedangkan babak final diselenggarakan secara terpusat di Jakarta.
Adapun materi yang dilombakan meliputi : Biologi (Botani, Zoologi, Tubuh Manusia), Fisika, Astronomi, Eksperimen, pengetahuan Umum (yang bersifat sains), dan Elektronika (khusus untuk Level III). Materi soal yang dilombakan adalah dalam bentuk multiple choice (pilihan ganda) dan Praktikum yang hanya diujikan pada saat babak final.
Sebagai ajang kompetisi sains berskala nasional, OSK menerapkan sistem ‘medali’ yang lazim digunakan dalam tatacara penilaian untuk menetapkan pemenang pada kompetisi-kompetisi olimpiade tingkat internasional. Sistem medali memungkinkan satu peringkat diduduki oleh lebih dari satu pemenang, berdasar standar nilai yang ditetapkan oleh dewan juri. Tingkatan urutan pemenang sebagaimana dimaksud sudah diwakili oleh kategori medali emas, perak, perunggu hingga ‘honorable mention’. Sedangkan ‘absolute winner’ merupakan kategori khusus sebagai penghargaan luar biasa atas pencapaian maksimal yang berhasil diraih oleh peserta dengan nilai (mendekati) sempurna.
Olimpiade Sains Kuark 2011 telah dibuka pendaftarannya mulai dari tanggal 1 November 2010 sampai dengan 15 Desember 2010. adapun babak-babak dalam Olimpiade Sains Kuark 2010 adalah sebagai berikut:
Babak Penyisihan : Sabtu, 19 Februari 2011, di seluruh Indonesia
Babak Semi final : Sabtu, 16 April 2011, di seluruh Indonesia
Babak final : Sabtu, 25 Juni 2011, di Jakarta
Penutupan : Minggu, 26 Juni 2011 di Jakarta
Ayo, tunggu apa lagi? segeralah mendaftar dan sampai jumpa di OSK 2011, teman-teman!
Pendaftaran dapat melalui SD BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN Jl. Batanghari – Sumengko – Sragen Tengah – Sragen 57212 -
sdbirrul_srg@yahoo.co.id



Komentar